Jurnal Teknoinfo
Vol 17, No 1 (2023): Vol 17, No 1 (2023): JANUARI

PEMILIHAN PLATFORM E-COMMERCE PADA KALANGAN MAHASISWA ITS DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Liefran Satrio Sim (Unknown)
Michael Christopher (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Hasna Dhiya Nafitra (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Juan Septian Veron Panjaitan (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Nur Aini Rakhmawati (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Semakin banyaknya e-commerce yang berkembang di Indonesia, semakin meningkat daya saing pada masing-masing platform. Para penggunanya juga pasti memiliki preferensi tersendiri dalam memilih e-commerce favorit mereka. Critical Success Factors menjadi suatu hal yang harus diketahui dan diperhatikan karena menjadi penentu sukses atau tidaknya sebuah perusahaan. Dengan menggunakan metode weighted product, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kriteria apa saja yang menjadi penentu suatu e-commerce lebih disukai dibandingkan dengan e-commerce lain dikalangan para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Mahasiswa-mahasiswi yang  terlibat dari penelitian ini berjumlah 49 orang, yakni total 27 perempuan dan 22 laki-laki dengan rentang usia 18-22 tahun. Proses pengumpulan data dari responden dilakukan dengan cara survei yang kemudian akan dianalisis dengan metode penunjang keputusan.  Adanya metode penunjang keputusan, seperti weighted product, membantu pengambilan keputusan dapat memberikan hasil yang lebih objektif. Metode ini dipilih dikarenakan perhitungan dan dapat dipahami dengan mudah. Weighted product merupakan metode yang mempertimbangkan berbagai kriteria dan juga bobot dari masing-masing kriteria yang akan dinilai dengan memberikan skala pada alternatif-alternatif yang ada. Adapun kriteria yang digunakan berjumlah 10 yang dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi empat kelompok, yakni efisiensi, pemenuhan, ketersediaan sistem, dan privasi.  Hasil  akhir  dari  penelitian  ini  diketahui bahwa Tokopedia (A1) berada di peringkat pertama sebagai e-commerce yang paling banyak dipilih oleh mahasiswa dengan nilai 0.3498. Di peringkat kedua ada Shopee (A2) dengan nilai 0.3369, dan Bukalapak (A3) dengan nilai 0.3133 berada di posisi ketiga. Tokopedia menempati peringkat pertama karena memiliki keunggulan di beberapa kriteria, yaitu kemudahan untuk diakses (C2), memiliki keakuratan mesin pencarian (C3), kesesuaian barang yang diterima (C7), memiliki sistem yang bekerja dengan baik dilihat dari rata-rata rating yang diberikan (C8), memiliki kecepatan pada saat melakukan transaksi (C9), dan memiliki keamanan data privasi dan transaksi yang baik (C10). Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan gambaran kepada perusahaan e-commerce terkait tentang produk mereka dari sudut pandang pengguna.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teknoinfo

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknoinfo is a peer-reviewed scientific Open Access journal that published by Universitas Teknokrat Indonesia. This Journal is built with the aim to expand and create innovation concepts, theories, paradigms, perspectives and methodologies in the sciences of Informatics Engineering. The ...