Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)

STRATEGI STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) PADA 90° COFFEE DI PEMATANG SIANTAR

Farhan Afdillah Pulungan (Universitas Simalungun)
Mia Indriany Piliang (Universitas Simalungun)
Ikhwan Husni Fauzan (Universitas Simalungun)
Hanafi Asnan (Universitas Simalungun)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Pada penelitian ini akan dibahas segmentasi, targeting dan positioning dalam kaitannya dengan pemasaran 90° Coffee Pematang Siantar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metodologi kualitatif. Sumber dan informan penelitian ini adalah founder coffe shop, waiters dan pelanggan 90° Coffee. Observasi, wawancara, dan catatan tertulis digunakan sebagai metode pengumpulan data.Temuan studi tersebut mengarahkan para peneliti pada kesimpulan bahwa pendekatan segmentasi 90° Coffee didasarkan pada segmentasi geografis dan demografis. Segmentasi geografis yaitu pemasarannya menyebar di seluruh daerah kota Pematang Siantar. Segmentasi demografinya meliputi : mahasiswa, karyawan dan pasangan muda-mudi, usia 18-30 tahun, ditujukan untuk konsumen dengan pendapatan menengah dan menengah ke bawah, baik wanita maupun pria. Mahasiswa dan karyawan dengan penghasilan antara Rp. 1.500.000 dan Rp. 5.000.000 adalah target pasar utama. Dengan menanamkan citra merek di benak konsumen, positioning tercapai.Barang yang ditawarkan diberi harga yang termasuk rendah yang disesuaikan dengan keinginan konsumen

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ad

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam accepts original manuscripts in the field of Islamics Economics, including research reports, case reports, application of theory, critical studies and literature reviews. The spread of Islamic Economics include: 1. Islamic Finance and Capital Market 2. ...