Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Strategi Pemasaran Produk Wedang Uwuh Pada CV. Centerindo Kurnia Tritama Dusun Bulu Kelurahan Trimulyo Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul

Farradhillah Hartinata Poetri (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Siti Hamidah (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Ni Made Suyastiri YP (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis trend volume penjualan wedang uwuh, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, menganalisis pilihan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada CV. Centerindo Kurnia Tritama dalam meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Jenis penelitian deskriptif dengan studi kasus. Metode pengambilan responden menggunakan metode purposive sampling. Teknis analisis data dengan analisis trend volume penjualan, matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-Eksternal (IE), matriks Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats (SWOT), dan Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian diperoleh trend volume penjualan produk wedang uwuh CV. Centerindo Kurnia Tritama dalam 6 bulan kedepan menurun, CV. Centerindo Kurnia Tritama memiliki kekuatan utama yaitu produk berkualitas, kemasan yang menarik, bersertifikat halal, dan mempunyai izin edar BPOM, kelemahan utama yaitu kurangnya mengelola promosi online, peluang utama yaitu Jogja merupakn destinasi wisata, dan ancaman utama yaitu produk baru yang inovatif, Strategi yang dapat diterapkan oleh CV. Centerindo Kurnia Tritama adalah strategi pengembangan pasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...