ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing)
Vol 2 No 2 (2021): DESEMBER

Gambaran Karakteristik Anak yang Mengalami Kecanduan Bermain Game Online

Rinta Intan Ayu Kiniret (Universitas 'Aisyiyah Surakarta)
Tri Susilowati (Universitas 'Aisyiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Latar Belakang: Pengguna internet pada tahun 2014 mencapai 107 juta pengguna atau sekitar 24% dari total populasi penduduk di Indonesia. Dari data pengguna internet tersebut, diperkirakan pengguna game online di Indonesia berkisar 10.7 juta orang atau sekitar 10% dari total pengguna internet. Anak usia sekolah banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game online, sehingga membuat anak menjadi kecanduan. Persentase anak usia sekolah yang mengalami kecanduan game online sebanyak 10,15%. Tujuan : Mendeskripsikan karakteristik anak dengan kecanduan game online di SDN Bangkleyan. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling dengan jumlah sampel 200, dan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariat untuk menghasilkan distribusi frekuensi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak usia sekolah yang bermain game online adalah berusia 5-11 tahun, berjenis kelamin perempuan, berprestasi lulus dengan nilai >= 65, dan tidak mengalami kecanduan bermain game online. Kesimpulan : Siswa SDN Bangkleyan sebagian besar yang tidak mengalami kecanduan bermain game online berjenis kelamin perempuan, dan memiliki nilai >= 65 (lulus).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asjn

Publisher

Subject

Nursing

Description

ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing) is a national periodical journal that includes research articles in the field of nursing. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing) is expected to be a medium for conveying applied results, findings, and scientific innovations in the field of nursing ...