ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing)
Vol 3 No 1 (2022): JULI

Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Status Gizi pada Siswa SMK Batik 2 Surakarta

Rosalia Tri Haryanti (Universitas 'Aisyiyah Surakarta)
Tri Susilowati (Universitas 'Aisyiyah Surakarta)
Irma Mustika Sari (Universitas 'Aisyiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Latar Belakang : Persentase gadget remaja SMA Kota Solo usia 14-19 tahun persentasenya sebesar 32%. Intensitas penggunaan gadget merupakan salah satu hal yang termasuk dalam faktor tidak langsung yang mempengaruhi status gizi. Apabila semakin tinggi intensitas penggunaan gadget maka kecenderungan indeks massa tubuh semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena individu melakukan intensitas penggunaan gadget hanya dengan berdiri, duduk, atau berbaring sehingga terjadi ketidakseimbangan antara energi yang masuk dan energi yang keluar. Tujuan : Untuk mengetahui intensitas penggunaan gadget terhadap status gizi pada siswa SMK Batik 2 Surakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross-sectional. Hasil : Hasil penelitian ini diperoleh dari 89 siswa dengan intensitas penggunaan gadget tinggi sebanyak 74 siswa (83,1%) dengan kategori status gizi normal sebanyak 52 siswa (58,4%). Hasil dari uji Spearman Rank Correlation di dapatkan hasil nilai p value sebesar value sebesar <0,05. Hal ini menunjukkan ada hubungan intensitas penggunaan gadgetterhadap status gizi pada siswa SMK Batik 2 Surakarta. Kesimpulan : Ada hubungan intensitas penggunaan gadget terhadap status gizi pada siswa SMK Batik 2 Surakarta. Pihak keluarga maupun sekolah lebih memperhatikan anak dalam menggunakan gatget.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

asjn

Publisher

Subject

Nursing

Description

ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing) is a national periodical journal that includes research articles in the field of nursing. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing) is expected to be a medium for conveying applied results, findings, and scientific innovations in the field of nursing ...