Dampak pandemic covid-19 serta pembatasan sosial berskala besar sehingga berbagai akses pariwisata ditutup, tentu menyebabkan penurunan pendapatan di sektor pariwisata. Begitupun yang dialami kampung wisata pipitan yang ada di Kabupaten Serang, Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan kelompok sadar wisata kampung kreatif dalam upaya meningkatkan minat pengunjung kampung wisata pipitan, pasca pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam, dan FGD. Berdasarkan hasil wawancara mendalam pada penelitian ini disimpulkan bahwa kelompok sadar wisata pipitan kreatif sudah cukup baik dalam melakukan berbagai strategi sebagai upaya untuk meningkatkan minat pengunjung pasca pandemic covid-19. Beberapa strategi yang diterapkan antaralain dengan menambah spot-spot tematik, memgembangkan ekonomi kreatif melalui produk kerajinan tangan, mengembangkan wisata edukasi serta meningkatkan community enterprises. Untuk Penelitian mendatang dapat mempertimbangkan obyek penelitian yang berbeda atau fokus pada pengaruh program ekonomi kreatif pada perkembangan desa wisata. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022