Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Mengembangkan Media Interaktif Berbasis Visual Basic untuk Pembelajaran Akar Persamaan Kuadrat

Karina Dwi Lestari (Universitas PGRI Palembang)
Ali Syahbana (Universitas PGRI Palembang)
Asnurul Isroqmi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Media pembelajaran program Visual Basic untuk materi akar persamaan kuadrat ini diperoleh melalui penelitian pengembangan (R&D) dengan tahapan model ADDIE. Peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 di SMA Bina Lestari Palembang digunakan sebagai subjek penelitian. Untuk memperoleh data penelitian dilakukan proses walkthrough, pemberian angket respon peserta didik, dan pemberian tes hasil belajar. Data hasil penelitian diulas secara deskriptif. Tingkat kevalidan produk yang dinilai oleh validator berdasarkan aspek media, materi, dan bahasa memperoleh nilai 82,6% (sangat valid). Tingkat kepraktisan produk setelah diujicobakan ke peserta didik memperoleh nilai 88,8 % (sangat praktis), serta efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik memperoleh nilai 91% (sangat baik). Media program Visual Basic yang telah dikembangkan ini termasuk sangat valid, sangat praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...