Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Vol 3, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi

Analisis Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Pengambilan Sertifikasi Akuntansi terhadap Profesi Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi FEB UMHT Tahun 2022)

Citra Citra (Universitas Mohammad Husni Thamrin)
Mansur Mansur (Universitas Mohammad Husni Thamrin)
Dian Anggraini Tri Utami (Universitas Mohammad Husni Thamrin)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh Minat Mahasiswa terhadap Profesi Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi FEB UMHT). (2) Untuk mengetahui Sertifikasi Akuntansi Chartered Accountant (CA) terhadap terhadap Profesi Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi FEB UMHT). Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Akuntansi FEB UMHT. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 Mahasiswa yang di ambil secara melalui sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas, reabilitas, asumsi klasik dan analisi regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan uji asumsi klasik variabel minat mahasiswa akuntansi dalam pengambilan sertifikasi akuntansi tehadap profesi akuntansi menghasilkan nilai signifikan. Hasil uji T variabel Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pengambilan Sertifikasi Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap Profesi Akuntansi. Uji F menunjukkan kedua variabel secara simultan (bersama-sama) berpegaruh secara signifikan terhadap Profesi Akuntansi. Hasil perhitungan dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (Adjusted R Square) yang diperoleh sebesar 0,514 atau 51,4%. Hal iniĀ  berarti 51,4% Profesi Akuntansi dapat dijelaskan oleh Minat Mahasiswa dalam pengambilan Sertifikasi CA sedangkan 48,6% Profesi Akuntansi dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ileka

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Covering of original research on Economic Management and Accounting studies using an interdisciplinary ...