Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan
Vol. 8 No. 2 (2022): Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan

Pengaruh Pendidikan Monastik terhadap Adversity Quotient Anak Asuh Pusdiklat Buddhis Bodhidharma

Mujiyanto, Mujiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan monastik terhadap tingkat kecerdasan mengatasi kesulitan. Latar belakang penelitian ini menekankan pada peraturan yang berkaitan dengan kedisiplinan, pelatihan, kegiatan, dan kerohanian. Permasalahan yang terjadi pada anak asuh yaitu mengenai kecerdasan mengatasi kesulitan (AQ) untuk individu beradaptasi dengan program di Pusdiklat. Ada empat dimensi yang dihadapi dalam AQ menurut Stoltz yaitu: kendali, asal-usul dan pengakuan, jangkauan, daya tahan. Metode yang digunakan yaitu dengan penyebaran angket dan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian telah dirumuskan, data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik statistik. Hasil dari analisis data tersebut bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel ditunjukkan dari standar koefisiensi sebesar 0,957 dengan demikian berarti kecerdasan mengatasi kesulitan anak asuh Pusdiklat Buddhis Bodhidharma Bandungan dipengaruhi oleh pendidikan monastik. Persamaan regresi linier sederhana antara pendidikan monastik dengan kecerdasan mengatasi kesulitan yaitu: Y = -13.170 + 1.073. X1. Dengan demikian terjadi pengaruh yang positif antara pendidikan monastik terhadap kecerdasan mengatasi kesulitan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ABIP

Publisher

Subject

Religion Humanities Physics Social Sciences Other

Description

ABIP adalah Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan , yang terbit tiap tahun, merupakan jurnal yang sebelumnya terbit secara intern dalam lingkungan Sekolah Tinggi Agama Buddha Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Dalam periode September 2014 ABIP terbit dalam skala yang lebih luas, menjadi jurnal ...