JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)
Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022)

PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. PINUS MERAH ABADI DEPO CIBADAK

Herdiyana Herdiyana (Universitas Pakuan)
Fahira Nurul Azizah (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menjelaskan apakah terdapat pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. Pinus Merah Abadi Depo Cibadak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu verifikatif, dengan metode penelitian explanatory survey. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Penentuan sampel menggunakan metode sensus dengan jumlah 42 karyawan. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tanggapan karyawan terhadap kompensasi yang diberikan perusahaan 84,9% menyatakan sangat baik dan terkait kepuasan kerja yang dirasakan karyawan menunjukkan sebesar 83,9% menyatakan sangat baik. Hasil analisis menunjukkan kompensasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Beberapa implikasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) perusahaan dalam memberikan insentif agar tepat waktu, dan 2) diharapkan perusahaan dapat memberikan perintah pekerjaan sesuai dengan jobdesk karyawan dengan lebih jelas dan detail mengenai pekerjaannya agar karyawan bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan arahan yang diberikan, baik itu dalam bentuk intruksi maupun dalam bentuk tulisan deskripsi pekerjaan.ABSTRACTThis study aims to explain whether there is an effect of compensation on employee job satisfaction at PT. Perennial Red Pine at Cibadak Depot. The type of research used is verification, with an explanatory survey research method. The data used are primary and secondary data. Determination of the sample using the census method with a total of 42 employees. The analytical method used is simple linear regression. The results showed that 84.9% of employees responded to the compensation given by the company very well and 83.9% said it was very good regarding the job satisfaction felt by employees. The results of the analysis show that compensation has a positive effect on job satisfaction. Some of the implications that can be given from the results of this study are: 1) the company provides incentives to be on time, and 2) it is expected that the company can provide work orders in accordance with the employee's jobdesk with more clarity and detail regarding their work so that employees can carry out their duties according to the directions given. given, either in the form of instructions or in the form of written job descriptions.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimfe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi (JIMFE) aims to publish scientific articles in management which can give contribution to the education and development of the science. JIMFE welcomes empirical, theoretical, and case-based studies articles which are relevant to all management aspects ...