Journal of Students‘ Research in Computer Science (JSRCS)
Vol. 3 No. 2 (2022): November 2022

RANCANGAN APLIKASI PORTAL MEDIA SOSIAL SEBAGAI ANALISIS SENTIMEN PUBLIK MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING DENGAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Raihan Ramadhan Juandri (Informatika
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

R. Wisnu Prio Pamungkas (Informatika
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Ahmad Fathurrozi (Informatika
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Many organizations or agencies in Indonesia have several accounts from various social media channels such as YouTube, Facebook, Twitter, and Instagram which are intended as a means of complaining about the products or services they have. As information technology develops, social media continues to grow and requires an organization to create accounts on these channels so that it can continue to relate to the public. Problems like this make it difficult for the organization to process the sentiments conveyed by the public. Therefore, a responsive web-based management system was created that can be operated via a computer or smartphone in categorizing sentiment in the form of data into information using the Naive Bayes method which is fast and high-accuracy in classification by utilizing data sources from social media channels that are integrated in the application.  Keywords: Account, Channels, Naive Bayes, Sentiment, Social Media   Abstrak Banyak organisasi atau instansi di Indonesia yang memiliki beberapa akun dari berbagai kanal media sosial seperti YouTube, Facebook, Twitter, dan Instagram yang ditujukan sebagai sarana pengaduan mengenai produk atau layanan yang mereka miliki. Semakin berkembangnya teknologi informasi, media sosial terus bertambah dan mengharuskan suatu organisasi untuk membuat akun di kanal-kanal tersebut agar dapat terus terhubung dengan masyarakat. Masalah seperti ini membuat organisasi tersebut menjadi sulit untuk mengolah sentimen yang disampaikan oleh masyarakat. Oleh karena itu dibuatkan sistem pengelolaan berbasis web responsif yang dapat di operasikan melalui komputer maupun ponsel pintar dalam mengkategorikan sentimen berupa data menjadi informasi menggunakan metode Naive Bayes yang berkecepatan dan berketepatan tinggi dalam klasifikasi dengan pemanfaatan sumber data dari kanal media sosial yang terintegrasi dalam aplikasi. Kata kunci: Akun, Kanal, Media Sosial, Naive Bayes, Sentimen

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSRCS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian mahasiswa bidang ilmu komputer bersama dosen pembimbingnya yang bertemakan: Algoritma, Augmented and Virtual Reality, Bahasa Komputasi, Computer Graphics, Game Teknologi, Mobile Computing, Operating Systems, Pengolahan Citra, Robotika, Sistem ...