Saat ini dunia telah memasuki era baru, di mana banyak terdapat penggunaan dan penerapan teknologi informasi dalam seluruh sendi kehidupan. Salah satu bidang yang banyak mengguakan teknologi ini adalah pemasaran digital. Penggunaan metode ini memungkinkan pemasaran produk barang dan jasa tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Namun penguasaan teknologi baru ini terbatas pada daerah dengan literasi digital yang baik seperti di perkotaan. Desa Pangadegan adalah salah satu desa di Kabupaten Sumedang yang belum terpapar dengan baik oleh metode pemasaran baru ini. Oleh karena itu, pengabdian ini ditujukan untuk melatih Usaha Mikro, Kecil dan, Menengah (UMKM) setempat agar dapat melakukan pemasaran digital. Metode: para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan serta simulasi terkait pemasaran digital melalui platform “Shopee” dan “Bukalapak” juga mendapatkan pendampingan selama satu bulan. Pada akhir sesi pengabdian, seluruh pelaku UMKM telah berhasil membuat akun “digital marketing” serta antusias dan bersemangat untuk memasarkan produknya secara daring.
Copyrights © 2022