Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator penilaian autentik berbasis HOTS yang terdapat dalam materi teks eksplanasi untuk jenjang SMA, mendeskripsikan bentuk penilaian autentik berbasis HOTS yang terdapat dalam materi teks eksplanasi untuk jenjang SMA saat ini, mendeskripsikan rancangan pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis HOTS dalam materi teks eksplanasi untuk jenjang SMA, dan mengetahui kelaikan instrumen penilaian autentik berbasis HOTS dalam materi teks eksplanasi untuk jenjang SMA. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengacu kepada metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembagan, implementasi, dan evaluasi. Produk pengembangan dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian autentik berbasis HOTS dalam teks eksplanasi di SMA yang meliputi kisi-kisi penyusunan soal, lembar soal, dan rubrik penilaian. Instrumen penilaian yang penulis kembangkan divalidasi oleh dosen ahli dan praktisi. Validasi tersebut meliputi empat aspek yaitu aspek materi, konstruksi, kebahasaan, dan aturan tambahan. Hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli dan praktisi menyatakan bahwa instrumen penilaian autentik berbasis HOTS dalam teks eskplanasi di SMA yang penulis kembangkan laik digunakan sebagai instrumen penilaian di SMA.
Copyrights © 2022