Pembelajaran bahasa Arab sangat kompleks seiring dengan kompleksitas bahasa Arab itu sendiri. Keberhasilan proses pembelajaran bahasa Arab pun tidak ditentukan oleh satu faktor atau tunggal, melainkan ditentukan bermacam faktor. Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Arab perlu memperhatikan dan pelibatan berbagai faktor efektivitas dan menjadikannya tolok ukur dalam proses pembelajaran. Perilaku abai terhadap faktor-faktor efektivitas, hanya menghantarkan pada proses pembelajaran bahasa Arab yang tidak optimal. Artikel ini menganalisis bahwa faktor-faktor efektivitas pembelajaran bahasa Arab meliputi profesionalitas guru; karakter pembelajar yang meliputi motivasi, kecerdasan dan kepribadian pembelajar; pemanfaatan varian metode pembelajaran; pemanfaatan media pembelajaran; kurikulum; dan lingkungan berbahasa. Learning Arabic is very complex, along with the complexity of the Arabic language itself. The success of the Arabic learning process is not determined by a single factor but by various factors. Therefore, to achieve success in learning Arabic, it is necessary to pay attention to and involve various effectiveness factors and make it a benchmark in the learning process. Neglecting behavior towards effectiveness factors only leads to a non-optimal Arabic learning process. This article argues that the factors affecting the effectiveness of learning Arabic include the professionalism of the teacher; the character of the learner, which includes the motivation, intelligence, and personality of the learner; the use of variants of learning methods; the use of learning media; the curriculum; and the language environment.
Copyrights © 2022