MEDIA ELEKTRIKA
Vol 15, No 2 (2022): MEDIA ELEKTRIKA

Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Metode Marker Untuk Alternatif Pembelajaran Praktek Perakitan Komputer

Robby Yuli Endra (Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung)
Michael Saputra (Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar para siswa kejuruan komputer maupun orang awam dapat belajar tentang tata letak dan perakitan komputer menggunakan aplikasi augmented reality. Dalam pembuatan aplikasi ini, Tools yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Unity3D, Vuforia Engine, dan menggunakan bahasa pemrograman C#, Dengan gabungan marker yang terdaftar pada database Vuforia dan model tiga dimensi yang telah di-import ke dalam Unity3D, aplikasi sukses dalam membaca marker dan menampilkan model tiga dimensi sesuai dengan marker serta mampu menjalankan interaksi antar marker. Dengan berjalan nya aplikasi ini, penulis dapat mengaplikasikan augmented reality metode marker sebagai alternatif media pembelajaran perakitan komputer secara runtut dan benar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ME

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

Media Elektrika is an electrical engineering journal that gives concerns on sciences related to electrical engineering. It includes the following fields: Electrical power engineering Electronics Telecommunication Control Informatics and computer ...