Dakwah merupakan sebuah kegiatan menyeru ataupun mengajak umat manusia ke jalan kebenaran yang sesuai dengan jalan yang diridhai oleh Allah SWT. Salah satu jalan tersebut adalah mengajak manusia menuju kemakmuran dan kesejahteraan. Salah satu tujuan Ibadah zakat adalah untuk mewujudkan umat manusia mencapai hal tersebut. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengelolaan zakat dalam upaya pengembangan dakwah di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka, yaitu dengan mengambil data dari hasil penelitian, media, serta website lembaga maupun stakeholder zakat. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa manajemen zakat di Indonesia sudah melakukan program zakat yang berorientasi untuk pengembangan dakwah yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, meskipun dinilai belum terlalu maksimal, karena potensi dan yang didapatkan belum sesuai harapan. Hasil analisis yang lain menunjukkan bahwa beberapa program yang telah dilakukan beberapa lembaga amil zakat di Indonesia dengan meluncurkan program pengembangan ekonomi umat, pengembangan SDM, dan bantuan langsung tunai kepada masyarakat. Program tersebut dinilai sebagai aktivitas manajemen zakat dalam upaya mengembangkan dakwah di Indonesia.
Copyrights © 2022