Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 1 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produkdankualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Ayam Geprek Dower Pekanbaru)

Arya Duta Permana Pane (Universitas Islam Negeri Sumatra Utara)
Fauzi Arif Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatra Utara)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Industri kuliner merupakan salah satu kawasan industri yang persaingannya cukup ketat, disertai dengan konsep kreatif dan inovatif yang membantu membangun dan menyempurnakan strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi relatif harga, kualitas produk, dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen Ayam Geprek Dower Pekanbaru. Metode penelitian yang dianut adalah kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. 100 orang konsumen Ayam Geprek Dower dijadikan sampel penelitian ini. Analisis linear berganda digunakan dalam metode analisis. Variabel penelitian dibagi menjadi variabel ikatan yaitu kebahagiaan konsumen dengan Ayam Geprek Dower Pekanbaru, dan variabel bebas yaitu harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan. Temuan menunjukkan bahwa harga, kualitas produk, dan kualitas layanan semuanya memiliki dampak yang menguntungkan dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji parsial mengungkapkan: thitung tahun 1990 dan ttabel tahun 1985 keduanya menunjukkan bahwa penetapan harga berdampak besar pada kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas produk yang terlihat dengan thitung sebesar 2,306 dan ttabel sebesar 1,985. Kepuasan pelanggan secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang ditunjukkan dengan nilai thitung 3.452 dan ttabel 1.985. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...