Keterbatasan perguruan tinggi dalam penggunaan High Fidelity Simulation di Indonesia harus membuat perguruan tinggi mencari inovasi alternatif untuk pembelajaran klinis peserta didik. Patient Simulation yang memberikan pengaruh terhadap berpikir kritis dan kemampuan praktik klinis peserta didik salah satunya adalah Practice based simulation model (PBSM) . tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh PBSM terhadap berpikir kritis (critical thinking) dan kemampuan klinis (Psychomotor) peserta didik pada laboratorium praktik klinik di perguruan tinggi. Desain pada penelitian ini adalah quasy-eksperimen menggunakan pretest-posttest with control group design. Analisis data menggunakan Wilcoxon dan Mann Whitney. Terdapat pengaruh berpikir kritis dan psikomotor dengan (p) 0,001 < 0,05. Berpikir kritis dan psikomotor perlu dilatih terus secara bertahap karena kapasitas otak yang relatif terbatas dan hal ini terbukti dapat dipengaruhi oleh PBSM. PBSM dapat mempengaruhi peningkatan berpikir kritis dan psikomotor mahasiswa, tetapi metode dan teknik penerapan PBSM yang berbeda perlu dilakukan untuk studi lebih mendalam terkait PBSM.
Copyrights © 2023