Paulus Journal of Accounting (PJA)
Vol 4 No 1 (2022): Paulus Journal of Accounting (PJA)

PENGARUH PENGELOLAAN DANA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI CREDIT UNION SAUAN SIBARRUNG

Yohanis Tato Padang (Universitas Atma Jaya Makassar)
Fransiskus Randa (Universitas Atma Jaya Makassar)
Cherly E. Tanamal (Universitas Atma Jaya Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran pengelolaan dana, Promosi dan kualitas layanan terhadap terhadap loyalitas anggota. Sebuah studi pada koperasi CU Sauan Sibarrung Tana Toraja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai media pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota CU Sauan Sibarrung dengan pemilihan sampel secara purposive yakni mereka yang telah menjadi anggota minimal dua tahun berturut-turut. Analisis data menggunakan metode regresi berganda serta melakukan uji t dalam melihat korelasi dan pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengelolaan dana, Promosi dan kualitas pelayanan pada CU Sauan sibarrung mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap loyalitas anggota CU. Hasil ini juga menunjukkan bahwa faktor pengelolaan dana mempunyai hubungan yang paling kuat disusul loyalitas anggota dalam menunjang loyalitas anggota. Secara keseluruhan ketiga variabel tersebut memberi dampak yang besar yakni 83.7 % terhadap loyalitas anggota sehingga ketiga unsur ini harus menjadi perhatian manajemen dalam upaya meningkatkan loyalitas anggota.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pja

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Paulus Journal of Accounting berfungsi sebagai media informasi dan pertukaran artikel ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, praktisi dan pengamat sains di bidang akuntansi dan bisnis . Editor PJA menerima artikel ilmiah tentang penelitian empiris dan studi teoritis yang berkaitan dengan ...