Perkembangan teknologi telah mengakibatkan perubahan pada permainan yang dimainkan oleh anak-anak. Mereka lebih suka menghabiskan waktu bermainnya dengan permainan elektronik daripada bermain dengan melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keseimbangan tubuh. Orang dengan aktivitas fisik yang kurang akan berdampak pada penurunan kemampuan kerja jaringan lunak (penurunan kekuatan otot), penurunan kemampuan fisiologis sehingga mempengaruhi sistem keseimbangan tubuh (menurun). Sementara itu, anak membutuhkan keseimbangan tubuh untuk kelancaran aktivitas sehari-hari (termasuk proses belajar di sekolah) dan mengurangi risiko jatuh. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik terhadap keseimbangan dinamis pada anak di SD Swasta Al Ikhlas Taqwa Medan. Metode: Metode analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional study. Penetapan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden yang berusia 9-12 tahun dan telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Responden mengisi lembar kuesioner aktivitas fisik dan dilakukan pengukuran keseimbangan dinamis menggunakan Pediatric Balance Scale Test. Hasil: Uji korelasi Spearman didapatkan nilai p=0,000(p<0,05) artinya ada hubungan antara aktivitas fisik terhadap keseimbangan dinamis. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik terhadap keseimbangan dinamis pada anak di SD Swasta Al Ikhlas Taqwa Medan.Kata Kunci: Keseimbangan Dinamis, Aktivitas Fisik
Copyrights © 2022