Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 2 No. 2 (2021): Volume 2 Nomor 2 Tahun 2021

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Rindiani Matussolikhah (Universitas Negeri Surabaya)
Brillian Rosy (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Kendala dalam melakukan kegiatan pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Surabaya yaitu siswa kesulitan memahami materi disampaikan karena belum mampu menentukan gaya belajar yang tepat dengan keadaan diri dan disiplin belajar siswa masih kurang. Peneliti berupaya untuk menemukan bukti apakah pengaruh disiplin belajar dan gaya belajar akan menunjukkan hubungan yang simultan terhadap hasil belajar, ketika kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran korespodensi kelas X jurusan OTKP di SMK Negeri 4 Surabaya merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian kuantitatif adalah metode yanag digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan populasi pada penelitian ini berjumlah 105 orang. Teknik simple random sampling merupakan teknik pengambilan data yang dipilih dalam melakukan penelitian ini, dengan total responden sebanyak 53 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan pengambilan dokumentasi. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan persamaan Y = 8.956 + 0,724X1 + 0,300X2. Kesimpulan ada pengaruh yang simultan positif antara disiplin belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Besar pengaruh bersama yang dihasilkan adalah 32.3%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Other

Description

Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian dari Dosen, Peneliti, Guru dan Mahasiswa dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang lingkup artikel yang diterbitkan oleh Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan adalah ...