Journal of Sosial Science and Digital Marketing
Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Social Science and Digital Marketing

Penerapan Metode Capital Asset Pricing Model (CAPM) Untuk Menentukan Pilihan Investasi Saham pada Subsektor Perusahaan Efek Periode Maret 2020 – Agustus 2021




Article Info

Publish Date
08 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan saham perusahaan di sub sektor perusahaan efek yang tergolong efisien di masa pandemi Covid 19 dengan menggunakan metode CAPM. CAPM adalah metode yang digunakan untuk memilih saham yang efisien bagi suatu portofolio. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 9 emiten perusahaan efek yaitu APIC, ARTA, KREN, PANS, PEGE, TRIM, YULE, RELI, dan AKSI. Data yang digunakan adalah data bulanan harga saham untuk mendapatkan tingkat pengembalian, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), dan juga tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dari Maret 2020 hingga Agustus 2021. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel dengan rumus CAPM. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa seluruh sampel penelitian yaitu APIC, ARTA, KREN, PANS, PEGE, TRIM, YULE, RELI, dan AKSI merupakan saham yang efisien meskipun memiliki beta yang beragam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jssdm

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Social Science and Digital Marketing is open access and peer-reviewed journal published twice a year in January and July by STMIK Dharmapala Riau. The Journal of Social and Science is a medium for disseminating research results on various topics in the fields of social science and digital ...