JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi)
Vol 10, No 3 (2022): Periode Desember (2022) - Maret (2023)

EFEK CUSTOMER BONDING DAN KEPUASAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK SCARLETT DI TONDANO

Gloria Kereh (Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado)
Wilson Bogar (Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado)
Aditya Pandowo (Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu pertama untuk mengetahui pengaruh dari Customer Bonding terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano. Kedua, untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano, dan ketiga untuk mengatahui pengaruh Customer Bonding dan Kepuasan Pelanggan secara bersama - sama Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan banyaknya sampel yang akan diteliti adalah 110 orang. Hasil dari penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Customer Bonding terhadap Loyalitas Pelanggan, Artinya, jika Customer Bonding meningkat, maka Loyalitas Pelanggan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan, Artinya, jika Kepuasan Pelanggan meningkat, maka Loyalitas Pelanggan juga akan meningkat. Terdapat pengaruh yang signifikan secara Simultan dari Customer Bonding dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Scarlett di Tondano, yang berarti jika Customer Bonding dan Kepuasan Pelanggan ditingkatkan, maka Loyalitas Pelanggan juga akan meningkat.The purpose of this study, namely first to determine the effect of Customer Bonding on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano. Second, to determine the effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano, and thirdly to determine the effect of Customer Bonding and Customer Satisfaction together on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano. This study uses quantitative methods and the number of samples to be studied is 110 people. The results of this study, namely that there is a partially significant influence of Customer Bonding on Customer Loyalty, that is, if Customer Bonding increases, then Customer Loyalty will also increase. There is a partially significant effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty, that is, if Customer Satisfaction increases, then Customer Loyalty will also increase. There is a simultaneous significant effect of Customer Bonding and Customer Satisfaction on Customer Loyalty to Scarlett Users in Tondano, which means that if Customer Bonding and Customer Satisfaction are increased, then Customer Loyalty will also increase.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrma

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi (JRMA) dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. JRMA mempublikasikan artikel-artikel di bidang Manajemen dan Akuntansi, penulis (author) terbuka untuk umum. JRMA terindeks dalam: Google Scholar, IPI, Indonesia ...