Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (The Public Health Science Journal)
Vol 12 No 01 (2023): Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat

Analisis Kepuasan Pemasok terhadap Proses Pengadaan Barang dan Jasa serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Dian Andriani (1Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Administrasi Rumah Sakit (ARS), Universitas Diponegoro Semarang
RSUP Dr. Kariadi Semarang, Indonesia)

Septo Pawelas Arso (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia)
Mursid Raharjo (Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan berkomitmen pada keselamatan pasien, pengunjung, dan stafnya. Kebutuhan sarana dan prasarana untuk pelayanan dipenuhi melalui proses pengadaan barang dan jasa. Rumah sakit wajib memberikan kepuasan kepada pemasok dalam kerjasama pengadaan barang dan jasa sebagai pelanggan eksternal rumah sakit. Kepuasan pemasok merupakan hal penting bagi rumah sakit agar pemasok loyal kepada rumah sakit. Loyalitas pemasok dapat dicapai apabila kepuasan pemasok terpenuhi. Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pemasok barang dan jasa di RSUP Dr. Kariadi pada masa non pandemi. Pada masa pandemi proses pengadaan barang dan jasa berjalan dalam kondisi tertentu sehingga tidak bisa mewakili proses pengadaan barang dan jasa pada umumnya. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi sebanyak 269 pemasok yang pernah bekerja sama dengan RSUP Dr. Kariadi pada tahun 2019. Metode pengambilan sampel secara proportional random sampling dengan sampel sebanyak 75 responden berdasarkan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan signifikan antara kualitas layanan (P-value = 0,002), komunikasi (P-value = 0,000), komitmen (P-value = 0,000), prosedur pengadaan (P-value = 0,005), dan kebijakan pembayaran (P-value = 0,000) dengan kepuasan pemasok. Hasil uji regresi logistik menunjukkan kebijakan pembayaran memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan pemasok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Public Health

Description

JIKM menerima naskah publikasi dari hasil penelitian atau naskah tinjauan pustaka (literature review) yang belum pernah dan tidak akan dipublikasikan di tempat lain dalam bentuk cetakan maupun digital (e-journal). Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (JIKM) mencakup artikel di bidang Manajemen Pelayanan ...