Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 5 No 1 (2022): Sustainable

Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Mengembangkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X SMA Al-Hananiyah

Syafruddin Rais (Politeknik Pariwisata Batam)
Sudirman Sudirman (UIN Alauddin Makassar)
Nora Listantia (Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu)
Intan Kusuma Wardani (Universitas pendidikan Mandalika)
Aswin Saputra (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Dalam penelitian ini dikembangkan model pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk aktif mengajukan pertanyaan. Pertanyaan yang dikonstruk kemudian diajukan adalah pertanyaan yang diperkuat atau dilengkapi argumen. Salah satu model pembelajaran yang memfasilitasi pebelajar mengajukan pertanyaan adalah Model Inkuiri. Model pembelajaran inkuiri menjadi salah satu model pembelajaran yang memiliki pengaruh besar bagi pendidik untuk mengimplementasikannya disekolah. Dalam model inkuiri ini merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga proses belajar menjadi lebih efektif. Peserta didik akan lebih aktif dalam proses belajar, karena pembelajaran lebih berfokus pada peserta didik. Bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keaktifan peserta didik? Adapun tujuan penelitian ini, selain untuk memenuhi tugas ujuan tengah semester (UTS), yaitu untuk mendeskripsikan model pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan keaktifan peserta didik, serta dapat di aplikasikan dalam proses belajar mengajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...