ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Pertanahan di kantor Perwakilan Badan Pertanahan Nasional kabupaten Musi Rawas Utara dan untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pertanahan bidang Pertanahan di kantor perwakilan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Musi Rawas Utara. Penelitian ini mengunakan metodelogi Deskriptip-Kualitatif yang locus penelitiannya adalah Pada Pelayanan Bidang Pertanahan pada Permintaan Pembuatan Sertifikat Tanah. Adapun teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan tahap reduksi data, Kompleksitas data dan pengolahan data secara Kualitatif. Berdasarkan hasil Penelitian Pelayanan Administrasi bidang Pertanahan kantor Perwakilan Kantor Badan Pertanahan Nasional Nasional Kabupaten Musi Rawas Utara dalam keefektifan waktu pelayanan cukup baik dilihat dari Secara Kuantitas Pelayanan Masih Kurang, Sedangkan Transparansi Pelayanan tidak baik karna belum sesuai dengan standar operasional prosedur dan Pengaturan Setiap Bentuk pelayanan cukup Baik dengan Tugas dan Fungsi -masing Bentuk Pelayanan, dan Kepastian hukum sudah Jelas dilihat dari Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA) Pasal 19, sehingga dapat ditarik Kesimpulan dalam Pelayanan Administrasi Bidang Pertanahan di Perwakilan Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Musi Rawas Utara dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Bidang Pertanahan untuk Pembuatan Akte atau Sertipikat Tanah baik Secara Prona Maupun Mandiri sudah Cukup Baik. Kata Kunci :Pelayanan Administrasi; Pertanahan ABSTRACT The objective of the research is to determine client satisfied service of National Land Affairs Agency Musi Rawas Utara district. A descriptive qualitative method was used in this research. It focused on the issued of land certificate service. Data collected used through observation, interviews, and documentation. The result of the research showed that due to the client satisfied service is below standard. Due to the service accountability is poor that it is not complied to the standard operating procedure. In regard with the management service arrangement based on duties and function are fair in accordance with the constitution. It can be concluded that the service of National Land Affairs Agency is standard. Keyword: Administration service; Land certificate
Copyrights © 2020