Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat
Vol 11, No 4 (2022): Desember, 2022

PERAN EDUKASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK PELAKU USAHA KELAUTAN DAN PERIKANAN

Atikah Nurhayati (Padjadjaran University)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2023

Abstract

COVID-19 saat ini telah menjadi pandemi dan memengaruhi berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia. Sektor usaha mikro kecil dan menengah perikanan dan kelautan mengalami penurunan dan memerlukan pendampingan melalui edukasi mengenai pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan uuntuk menganalisis dan merancang penyuluhan edukasi pemasaran digital bagi pelaku usaha UMKM kelautan dan Perikanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini deksripsi kuantitatif, dengan jumlah responden 100 pelaku usaha perikanan dan kelautan. Berdarsarkan hasil penelitian penurunan tingkat konsumsi masyarakat berpengaruh terhadap pendapatan pelaku usaha UMKM Kelautan dan Perikanan. Peningkatan edukasi pemasaran digital, melalui kegiatan pendampinga dan penyuluhan yang dilakukan secara simultan, memberikan kontribusi peningkatan penjualan produk. Responden pelaku usaha UMKM kelautan dan perikanan sebanyak 90 % mencoba menggunakan aplikasi pemasaran digital dan 6 % terkendala dengan akses internet dan 4 %  kurang terbiasa menggunakan media sosial. Faktor minat (interest), menilai (evaluation), mencoba (trial) dan adopsi (adoption)., mempunyai pengaruh terhadap keputusan mengadopsi pemasaran prooduk perikanan dengan menggunakkan pemasaran digital. Pendampingan melalui edukasi pemasaran digital yang dilaksanakan dapat membantu mitra atau pelaku usaha UMKM Kelautan dan Perikanan dalam meningkatkan kualitas dan profit penjualan,  pemasaran digital dalam menarik lebih banyak lagi pelanggan dan bertahan serta berinovasi di tengah pandemik.COVID-19 has now become a pandemic and affects various sectors of Indonesian people's lives. The fisheries and marine micro, small and medium enterprises sector has experienced a decline and requires assistance through education on digital marketing. This research aims to analyze and design digital marketing education for marine and fisheries MSMEs. The method used in this reserach  is a quantitative description, with the number of respondents 100 fishery and marine business actors. Based on the research results, the decrease in the level of public consumption has an effect on the income of marine and fisheries MSMEs business actors. Increasing digital marketing education, through simultaneous mentoring and counseling activities, contributes to increased product sales. As many as 90% of marine and fisheries MSME business respondents try to use digital marketing applications and 6% are constrained by internet access and 4% are less accustomed to using social media. Interest, evaluating, trial and adoption factors have an influence on the decision to adopt marketing of fishery products using digital marketing. Assistance through digital marketing education that is carried out can help partners or MSME Marine and Fisheries business actors in increasing sales quality and profit, digital marketing in attracting more customers and surviving and innovating in the midst of a pandemic.

Copyrights © 2022