Jurnal Pendidikan
Vol 11 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan

Implementasi Sistem Penilaian Berbasis Oucome Based Education di Perguruan Tinggi

Setiono Setiono (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Sistiana Windyariani (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Aa Juhanda (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2023

Abstract

Abstrak: Pendidikan di perguruan tinggi harus diorientasikan ke masa depan. Disrupsi pada dunia Pendidikan memberikan tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi dalam menyiapkan kompetensi mahasiswa yang semakin berkembang dan kopleks. Kebijakan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) diharapkan mentranspormasi sistem pendidikan nasional khususnya di perguruan tinggi agar kurikulum Pendidikan tinggi dapat menyesuaikan dengan cepat terhadap berbagai perubahan. Kurikulum MBKM disiapkan untuk menjamin bahwa proses pembelajaran yang diselenggarakan dapat memberikan bekal kompetensi yang cukup bagi mahasiswa untuk menghadapi masa depan. Tidak hanya hanya pengalaman belajar yang harus disiapkan oleh dosen untuk mendukung implementasi OBE, system penialaian atau evaluasi pun harus disiapkan dalam upaya untuk menjamin outcome diperoleh oleh mahasiswa setelah mengikuti suatu program pembelajaran. Penelitian deskripsip yang dilakukan pada penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana presepsi dosen serta implementasi system penilaian berbasis OBE yang sudah dilakukan oleh dosen pada program studinya. Penelitian ini melibatkan (n=36 dosen) pada salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di wilayah Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa system penilaian berbasis OBE belum sepenuhnya di implementasikan oleh dosen di program studinya. Dosen masih menghadapi berbagai kendala sehingga belum system penilaian berbasis OBE belum sepenuhnya di ilmplementasikan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...