Jurnal Teknologi Informasi MURA
Vol 14 No 2 (2022): Jurnal Teknologi Informasi Mura Desember

USER EXPERIENCE PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DENGAN METODE USABILITY TESTING DAN UEQ

Harma Oktafia Lingga Wijaya (Univesitas Bina Insan)
Armanto Armanto (Univesitas Bina Insan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Usability testing merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat daya guna dari suatu produk yang dirasakan pengguna berkaitan dengan efektifitas, efesiensi, dan kepuasan. Sedangkan UEQ merupakan metode pengolahan data kuesioner untuk menilai kualitas produk secara subjektif. Pada penelitian ini terdapat 2 permasalahan yaitu belum diketahui tingkat kepuasan pengguna dan perspektif pengguna terhadap penggunaan google classroom. Dari User Experience Penggunaan Google Classroom Dengan Metode Usability Testing Dan Ueq. Penelitian ini menggunakan dua metode analisis yaitu usability testing dengan alat hitung SUS dan UEQ. Hasil analisis menunjukan bahwa pada pengukuran tingkat usability menggunakan system usability scale (SUS) sudah memiliki tingkat kepuasan yang tinggi hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dimana tingkat kepuasan berdasarkan SUS mendapatkan nilai rata-rata sebesar 71 dan berada pada tingkat skala ”GOOD”, sedangkan untuk analisis persepsi dari pengguna goole classroom menggunakan user experience questionnaire (UEQ) menunjukkan bahwa responden memberikan persepsi positif pada penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran online, hal tersebut dilihat berdasarkan hasil pengujian benchmark mendapatkan nilai diatas rata-rata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Other

Description

JTI (Jurnal Teknologi Informasi MURA) publish articles on Information System from various perspectives, covering both literary and fieldwork ...