Jurnal Visual
Vol 18 No 1 (2022)

Penerapan Konsep Cubicle Pada Desain Furniture Kantor Pasca Pandemi Terhadap Pola Layout Kantor : Studi Kasus : Perancangan Furniture Pada PT. XYZ

Shiang Siang Rahmadjaya (Universitas Tarumanagara)
Anastasia Cinthya Gani (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Akibat adanya Wabah Covid-19 sangat mempengaruhi segala faktor kehidupan masyarakat. Bagi para pekerja kantoran pemerintah mewajibkan pekerja yang masuk hanya setengah dari biasanya, dan mewajibkan para pekerja juga melakukan rapid test sebelum masuk bekerja. PT Indofood Sukses Makmur, Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam industri pengolahan makanan. Maka dari itu pada masa menuju new normal saat ini sangat dibutuhkan perubahan dalam lingkup ruang kerja karyawan. Pengaturan area kerja karyawan sangatlah penting untuk meningkatkan kenyamanan dan juga meningkatkan produktivitas pekerja secara tidak langsung. Dilihat dari permasalahan yang ada ini, maka dari itu dibutuhkan perubahan desain agar dapat meningkatkan kenyamanan pekerja dengan memperhatikan kekurangan yang ada dan meningkatkan kembali efektifitas dan kenyamanan pekerja dalam bekerja. Untuk lingkungan kantor sendiri juga terdapat perubahan karena mengharuskan para pegawai untuk saling menjaga jarak. Maka dari itu diperlukan perubahan dari segi desain dan tata letak untuk tetap menjaga protokol kesehatan, dari segi furniture pada masa pandemi ini juga mengalami banyak perubahan. Penggunaan metode desain perancanan dan perancangan juga melakukan pencarian data melalui digital, munculah ide desain untuk membuat meja berkonsep cubicle dan juga minimalis yang terinspirasi dari citra dan pengembangan ide desain yang ada.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

visual

Publisher

Subject

Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Visual berperan sebagai media yang menampilkan berbagai pemikiran sivitas akademika dan peneliti tentang hal-hal yang memiliki konteks dan relevansi dengan bidang seni rupa dan desain, sekaligus sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kebudayaan pada umumnya, ...