Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan perbedaan kemampuan membaca permulaan siswa yang memanfaatkan multimedia interaktif berbasis Canva dengan siswa yang menggunakan media cetak. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen post-test only control group design. Siswa kelas I SD Negeri 31 Payakumbuh dijadikan sebagai populasi penelitian, dengan sampelnya siswa kelas IA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IB sebagai kelompok kontrol. Tes, observasi, dan wawancara dijadikan sebagai metode pengumpulan data primer. Statistik deskriptif dan inferensial digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung 9,187 lebih tinggi dari ttabel 2,000. Nilai rata-rata kelompok eksperimen terhadap kemampuan membaca permulaan lebih besar daripada kelompok kontrol, yaitu 87,27 berbanding 65,77. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa siswa yang menggunakan multimedia interaktif berbasis Canva dan siswa yang menggunakan media cetak memiliki kemampuan membaca permulaan yang cukup berbeda secara signifikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023