Jurnal Teknologi Jurnal Ilmiah Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
Vol 16 No 2 (2022): Nopember 2022

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BERLATAR BELAKANG SMK DAN SMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

Marthen Pulingkong (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana)
Hikmah Oddang (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana)
Asrial Asrial (Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi hasil belajar hasil belajar mahasiswa asal SMK dan SMA ditinjau dari faktor sikap (soft skill), dan pengetahuan serta Menganalisis perbedaan hasil belajar mahasiswa ditinjau dari faktor sikap (soft skill), dan pengetahuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan asal SMK dan SMA angkatan tahun 2018, 2019 dan 2020 yang telah lulus mata kuliah: Bahasa Inggris Teknik, Perkembangan Peserta Didik, Mekanika Tanah, Dan Konstruksi Gambar Bangunan 2 dengan jumlah 168 orang. Teknik sampling dengan proporsional random sampling, yakni pengambilan sampel secara acak dan proporsional pada kedua kategori mahasiwa berdasarkan asal sekolah. Sedangkan teknik perhitungan jumlah sampel dilakukan dengan mengacu pada rumus Slovin. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian tentang kondisi hasil belajar mahasiswa pada Mata kuliah Bahasa Inggeris asal SMK Cukup Tinggi, sebagaimana rerata empirik sebesar 73, dengan skor teoretik 34 atau 68%. Sedangkan mahasiswa asal SMA dengan rata-rata score 75, dengan skor teoretik 24 atau 60% (kategori Tinggi), Untuk Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik, asal SMK dengan rata-rata skor 75 dengan skor 26 atau 52%, (Cukup Tinggi), untuk mahasiswa asal SMA dengan rata-rata skor 76, dengan skor 22 atau 55 (Cukup Tinggi), Untuk Mata Kuliah Mekanika Tanah, asal SMK dengan rata-rata skor 75, dengan skor 30 atau 60% (Cukup Tinggi). Sedangkan mahasiswa asal SMA dengan rata-rata skor 75, dengan skor 25 atau 62,5% (Cukup Tinggi), untuk Mata Kuliah KBG II, asal SMK dengan rata-rata skor 74, dengan skor 15 atau 30% (Cukup Tinggi), untuk mahasiswa asal SMA dengan rata-rata skor 73, dengan skor 13 atau 32,5% (Cukup Tinggi). Hasil penelitian tentang perbedaan prestasi belajar hasil belajar mahasiswa asal SMK dan SMA pada mata kuliah Bahasa Inggris Teknik, Perkembangan Peserta Didik, Mekanika Tanah, dan KBG II, menunjukkan tidak ada perbedaan, hal ini dibuktikan dari nilai sig 0,061>0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal_teknologi

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Control & Systems Engineering Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknologi diterbitkan dua kali setahun (Mei dan Nopember) oleh Fakultas Sains dan Teknik ( Sebelumnya bernama Fakultas Teknik) Undana. Jurnal ini menerbitkan Artikel Hasil Penelitian dan Kajian-Kajian Penelitian/Pustaka dalam bidang Teknik yang belum pernah diterbitkan media atau dalam jurnal ...