Jurnal Sosial dan Sains
Vol. 2 No. 4 (2022): Jurnal Sosial dan Sains

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Ipa Menggunakan Geogebra Pada Materi Trigonometri

Agus Priyanto (a:1:{s:5:"en_US"
s:23:"Universitas Tanjungpura"
})

Ahmad Yani T (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

LatarBelakang: Berdasarkan hasil pengalaman mengajar materi trigonometri diketahui bahwa motivasi belajar sebagian besar siswa X IPA SMAN 3 Sanggau sangat rendah. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah peningkatkan motivasi belajar siswa X IPA materi Trigonometri melalui GeoGebra. Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data melalui non tes. Teknik non tes digunakan untuk mengetahui perkembangan motivasi belajar dengan menggunakan lembar pengamatan. Untuk mengetahui peningkatan motivasi digunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil: Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari rendah menjadi tinggi sehingga menurut teoritik dan empirik menggunakan GeoGebra pada materi Trigonometri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa X IPA SMA Negeri 3 Sanggau semester genap tahun 2021/2022. Kesimpulan: Teoritik dan empirik dengan menggunakan GeoGebra dapat meningkatkan motivasi belajar matematika materi Trigonometri bagi siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Sanggau semester genap tahun 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sosains

Publisher

Subject

Astronomy Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Physics

Description

Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and science fields. The journal is published monthly by Green Publisher Indonesia. Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall ...