Journal of Islamic Economics and Business
Vol 1, No 2 (2021): Journal of Islamic Economics and Business

Pengaruh Literasi Produk Halal dan Daya Tarik Habel Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Bandung

Estu Elkasysyaf (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Neneng Hartati (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2022

Abstract

Keputusan pembelian adalah proses pengambilan keputusan yang diawali dengan pengenalan masalah kemudian mengevaluasinya dan memutuskan produk yang paling sesuai kebutuhan. Tulisan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penggunaan produk-produk halal bagi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat literasi produk halal dan daya tarik label halal terhadap keputusan pembelian produk halal bagi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tulisan ini juga menggunakan metode penelitian kuantitatif dan survei. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan sampel sebanyak 75 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan penggunaan cluster. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan kuisioner yang diberikan kepada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat literasi produk halal sebesar 0,058 > 0,05, hal ini berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian produk halal, sedangkan daya tarik label halal mempunyai pengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk halal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jieb

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) is open access, peer-reviewed journal dedicated to publishing original research papers on Islamic economic and business issues. This journal is likewise committed to making the articles it publishes available to international academicians, ...