Maqrizi : Journal of Economics and Islamic Economics
Vol 2 No 1 (2022): MAQRIZI: JOURNAL OF ECONOMICS AND ISLAMIC ECONOMICS

Efektifitas Bagi Hasil dalam Usaha Kerja Sama di RM Afisha Tikala Ares Kota Manado

Sjamsuddin A.K. Antuli (Unknown)
Fachryzal Wakid (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas bagi hasil dalam usaha kerja sama dengan membagi keuntungan sesuai perjanjian yang telah disepakati dalam akad diawal sebelum melaksanakan kegiatan usaha. Dari sinilah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem bagi hasil ini efektif dalam usaha kerja sama di Rumah Makan Afisha Tikala Ares Kota Manado. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan atau (field research), maksud dari penelitian ini yaitu membahas/ menggambarkan secara deskriptif fenomena Efektifitas Bagi Hasil dalam Usaha Kerja Sama di Rumah makan Afisha Tikala Ares Kota Manado. Sifat dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa hasil wawancara yang menghasilkan kata–kata tertulis atau lisan dari orang–orang dalam hal ini adalah mereka yang bekerja sama untuk bagi hasil dalam usaha Rumah Makan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai efektifitas bagi hasil dalam usaha kerjasama antara pemilik modal dan pengelola modal dalam pengelolaan usaha ini sangat efektif, dimana antara kedua belah pihak sebagai pemilik rumah makan selalu menggunakan prinsip-prinsip keterbukaan dari segi komunikasi dan sebagainya, juga dilakukan secara hubungan kekeluargaan berdasarkan kepercayaan dan amanah dalam setiap aktitivitas tugas kerja dan tanggung jawab. Sehingga memberikan dampak positif dalam pengelolaan usaha Rumah Makan Afisha Tikala Ares Kota Manado.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

maqrizi

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Maqrizi : Journal of Economics and Islamic Economics seeks to publish high quality, scholarly empirical research articles in management, strategic management, organization, entrepreneurship, operations management, human resource management, business and organization topics that test, extend, or ...