Jurnal Pengabdian Dharma Laksana
Vol 5, No 2 (2023): JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana)

Strategi Bisnis Frozen Food dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga pada Mitra Usaha Peternakan di Desa Bontosunggu Kec. Bajeng Kab. Gowa

Nurinaya Nurinaya (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Syarthini Indrayani (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Sri Andayaningsih (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Asdi Asdi (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Nurlina Nurlina (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Ahmad Ahmad (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
A. Risfan (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Hartati Hartati (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Bisnis frozen saat ini enjadi bisnis yang diminati dan digemari, terlebih lagi menjadi salah satu solutif yang praktis bagi ibu-ibu yang notabene sebagai wanita karir (bekerja diluar rumah). Frozen food menjadi salah satu sebagai inovasi dalam bisnis khususnya bagi ibuibu trumah tangga yang tergabung dalam mitra peternakan yang ada di desa Bontosunggu Kab. Gowa. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan tujuan sebagai upaya dan solusi untuk meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam mitra peternakan yang hanya mengadanlakan penghasilan dari hasil kerjasama dengan mitra lainnya dalam hal budidaya peternakan ayam boiler. Kegiatan PKM ini khususnya yang berkaitan dengan inovasi bisnis Frozen food di analisis dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treath). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan wawancara, mengumpulkan informasi terkini, mengidentifikasi masalah sosial khususnya terkait pendapatan ibu-ibu yang tergabung dalam mitra usaha peternakan di desa Bontosunggu. Penentuan strategi yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan tiga tahap analisis formulasi strategi yang akhirnya menghasilkan alternatif strategi prioritas. Hasil setelah melakukan PKM ini memperoleh bahwa strategi bisnis frozen food dianggap menjadi peluang bisnis yang sifatnya dan inovasi bisnis dengan olahan produk dari ayam boiler menjadi frozen food (Ayam frozen, nuget ayam, dan kerupuk ayam food. Strategi ini dapat meningkatkan keunggulan bersaing dengan Frozen food lainnya terlebih lagi dengan konsisi bisnisĀ  yang tidak menentu seperti saat ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdl

Publisher

Subject

Environmental Science

Description

Terbitan Berkala Ilmiah ini merupakan publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan cakupan bidang : Penelitian Bidang Energi, Penelitian Bidang Material Maju, Penelitian Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Penelitian Bidang Hukum dan Kebijakan Publik, Penelitian ...