Ketergantungan gadget saat ini sangat marak terjadi baik pada kalangan anak – anak maupun dewasa sehingga dapat mempengaruhi fokus seseorang dan berdampak pada kecerdasannya Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan kecerdasan pada mahasiswa tingkat 2 Ners tahap akademik di STIKes Santa Elisabet Medan Tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan metode analitik observasional dan desain penelitian cross sectional dengan menggunakan skala likert dan pada pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan jumlah responden seluruh mahasiswa tingkat 2 ners tahap akademik sebanyak 88 orang untuk hubungan penggunaan gadget dengan kecerdasan intelektual. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner penggunaan gadget dan kecerdasan. Hasil uji Chi Square test P = 0,083 dapat disimpulakan dari penelitian ini yaitu tidak ada hubungan yang bermakna antara penggunaan gadget dengan kecerdasan intelegtual pada mahasiswa tingkat 2 Ners tahap akademik di STIKes Santa Elisabet Medan Tahun 2021. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget dengan bijak pada mahasiswa berdampak baik sehingga tidak mengurangi kualitas pada kecerdasan mahasiswa.
Copyrights © 2023