Usaha adalah kegiatan yang tidak bisa dihindarkan oleh semua umat dalam kehidupan di dunia. Dalam kegiatan usaha selalu dihadapkan dalam komunikasi untuk bersosialisasi. Sosialisasi merupakan kendali dalam peningkatan penjualan. Sosialisasi juga merupakan kendali dalam mencari masukan sumber bahan produksi. Sehingga manusia dalam berusaha selalu dihadapkan dengan komunikasi dalam sosialisasi dengan para kerabatnya. UMKM mempunyai arena usaha yang rawan, maka dalam kehidupannya dihadapkan pada ancaman kemunduran. Yaitu terserangnya pesaing sehingga mengalami kemunduran. Apa yang harus dijaga, yang dijaga adalah tingkat operasional kegiatan, dan tingkat penangkal kemunduran, serta tingkat kewaspadaan dalam program usaha. Program usaha tidak lepas dari pencatatan serta pengadaan utang. Hal ini dapat dilakukan dengan waspada sehingga termotivasi untuk berpenghasilan sehingga mampu membayar utang. Kenapa harus mencatat. Sebenarnya pencatatan adalah untuk dapatnya membandingkan suatu hal yang lalu dengan yang sekarang. Kondisi ini dapat digunakan sebagai tolok ukur peningkatan keberhasilan. Dengan pencatatan maka dapat dibuat suatu analisa ratio. Analisa ratio inilah merupakan tolok ukur keberhasilan suatu usaha.
Copyrights © 2023