JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE
Vol 6, No 2 (2020): Oktober

Animasi Interaktif Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Ubudiyah Indonesia

Niza Aulia (Universitas Ubudiyah Indonesia)
Joko Tisuwihardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Pemanfaatan teknologi secara otomatis memberikan kemudahan dalam penyampaian sebuahinformasi. Dalam penelitian ini pemanfaatan teknologi dapat dilakukan dengan menggunakananimasi interaktif untuk menyampaikan materi pembelajaran metodologi penelitian. Namunsayangnya, pemanfaatan teknologi dibidang animasi masih belum dipergunakan padapembelajaran. Dari permasalahan diatas ini maka penulis melakukan penelitian tentang animasiinteraktif pembelajaran metodologi penelitian yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswadalam proses belajar diluar studi kelas maupun di dalam kelas yang bersifat menarik dan mudahdimengerti bagi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekualitatif. Pembuatan animasi interaktif ini juga menggunakan aplikasi Adobe Flash ProfessionalCS6. Dari hasil respon kuesioner yang diisi oleh mahasiswa 91% mahasiswa setuju denganpembelajaran animasi interaktif ini, dengan adanya animasi ini juga mahasiswa lebih tertarikterhadap pembelajaran mata kuliah metodologi penelitian yang dimana nantinya mahasiswadengan mudah belajar dan memahami dari materi yang disampaikan dalam animasi interaktifpembelajaran metodologi penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jics

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics and Computer Science (JICS) is the official publication of the Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI). The journal is open to submission from scholars and experts in the wide areas of : 1. Pure Research Information system development methodology Data warehouse ...