Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2022): November 2022

Etnomatematika dalam Aktivitas Berladang Masyarakat di Kecamatan Tobu dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

Maldi R. Banoet (Bahasa Indonesia)
Wara Sabon Dominikus (Unknown)
Juliana M. H. Nenohai (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan matematika dalam aktivitas berladang masyarakat di kecamatan Tobu serta menyusun perangkat pembelajaran sesuai konsep matematika yang ditemukan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tobu, Kecamatan Tobu dengan informan sebanyak 4 orang. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif eksploratif dengan desain etnografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat etnomatematika dalam aktivitas berladang masyarakat di kecamatan Tobu berupa aktivitas menghitung, mengukur, melokalisir, merancang dan menjelaskan. Konsep matematika yang terkait dengan aktivitas berladang masyarakat di kecamatan Tobu meliputi penjumlahan berulang atau perkalian, geometri, sistem koordinat, pola bilangan, transformasi geometri, perbandingan, barisan aritmatika dan himpunan. Dengan demikian, berbagai konsep matematika yang terdapat dalam aktivitas berladang dapat dijadikan sebagai referensi dalam pengembangan perangkat pembelajaran matematika di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fraktal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal ilmiah dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup ...