Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan matematika dalam aktivitas berladang masyarakat di kecamatan Tobu serta menyusun perangkat pembelajaran sesuai konsep matematika yang ditemukan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tobu, Kecamatan Tobu dengan informan sebanyak 4 orang. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif eksploratif dengan desain etnografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat etnomatematika dalam aktivitas berladang masyarakat di kecamatan Tobu berupa aktivitas menghitung, mengukur, melokalisir, merancang dan menjelaskan. Konsep matematika yang terkait dengan aktivitas berladang masyarakat di kecamatan Tobu meliputi penjumlahan berulang atau perkalian, geometri, sistem koordinat, pola bilangan, transformasi geometri, perbandingan, barisan aritmatika dan himpunan. Dengan demikian, berbagai konsep matematika yang terdapat dalam aktivitas berladang dapat dijadikan sebagai referensi dalam pengembangan perangkat pembelajaran matematika di sekolah.
Copyrights © 2022