Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diyakini kebenarannya oleh seseorang yang mengaku beriman kepada Allah Swt. karena Al-Qur’an juga mukjizat yang diberikan Allah Swt. kepada nabi Muhammad Saw. Untuk itu dalam mengatasi problematika pendidikan islam dalam diri peserta didik dapat melalui membaca dan meng-khatamkan Al-Qur’an sehingga dapat menumbuhkan karakter yang baik bagi para peserta didik. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan dengan jenis penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik analis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa problematika pendidikan islam yang terjadi di lembaga pendidikan islam madura disebabkan minimnya nilai-nilai keislaman seperti karakter dan tingkah laku yang baik dalam diri peserta didik, keutamaan dalam membaca Al-qur’an dapat menjadikan hati menjadi tenang dan mendapatkan pahala dari Allah Swt., Serta melalui membaca dan khatam Al-Qur’an di lembaga pendidikan islam madura dapat menginternalisasi nialai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an.
Copyrights © 2021