Jurnal Ekonomi dan Manajemen (JEKMA)
Vol. 2 No. 1 (2023): Februari: Jurnal Ekonomi dan Manajemen

LOYALITAS PASIEN DI RSUD DR. RS CHASBULLAH ABDUL MAJID KOTA BEKASI DITINJAU DARI KEPUASAN PASIEN DENGAN FASILITAS RUMAH SAKIT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Ajat Sudrajat (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) Kepuasan Pasien mempengaruhi Loyalitas Pasien  secara positif, 2) Fasilitas Rumah Sakit  memediasi pengaruh Kepuasan Pasien, 3) Fasilitas Rumah Sakit memedias Pengaruh Kepuasan Pasien  terhadap Loyalitas Pasien, Teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsionate Random Sampling. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner tentang Kepuasan Pasien, Fasilitas Rumah Sakti dan Loyalitas Pasien kepada 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Partial Least Square menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan Dari hasik uji inner weight diperoleh hasil tidak signifikan Pengaruh Fasilitas Rumah Sakit  (Z)   terhadap Loyalitas Pasien   (Y): Koefisien jalur = 15.172  dan P-Values = 0,073 (> 0.05), artinya, tidak ada pengaruhnya Fasilitas Rumah Sakit   terhadap Loyalitas Pasien   adalah positif dan   tidak signifikan. Dari hasik uji inner weight diperoleh hasil signifikan: Pengaruh Kualitas Pelayanan (X)   terhadap Fasilitas Rumah Sakti  (Z) Koefisien jalur = 29,128 dan P-Values = 0.000 (< 0.05), artinya, adanya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Fasilitas Rumah Sakit  adalah positif dan signifikan. Dari hasik uji inner weight diperoleh hasil signifikan: Pengaruh Kualitas Pelayanan (X)  terhadap Loyalitas Pasien   (Y) Koefisien jalur = 1.812  dan P-Values = 0.00 (< 0.05), artinya,  adanya Kualitas Pelayanan   (X) terhadap Lolatas Nasaabah   (Y) adalah positif dan signifikan. Dari hasik uji inner weight diperoleh hasil signifikan: Pengaruh Kualitas Layanan (X)  terhadap Loyalitas Pasien   (Y) dengan Fasilitas Rumah Sakit   (Z) sebagai variable intervening P-Values = 0.075 (> 0.05), artinya, tidak adanya pengaruh Kualitas Layanan (X)  terhadap Loyalitas Pasien   (Y) dengan Fasilitas Rumah Sakit   (Z) sebagai variable intervening.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEKMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Manajemen adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari Ekonomi dan manajemen, namun tidak terbatas pada ...