Jurnal Pendidikan Guru Matematika
Vol 1, No 1 (2021): Januari

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI-MIA MAN 1 Kota Ternate dalam Menyelesaikan Masalah Matematis pada Materi Matriks

Yumna Adam (Universitas Khairun)
Ahmad Afandi (Unknown)
Marwia Tamrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI-MIA MAN 1 Kota Ternate dalam menyelesaikan masalah matematika pada matriks. Pengumpulan data kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrument tes yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 3 butir soal kemampuan penalaran matematis yang telah divalidasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIA MAN 1 Kota Ternate sebanyak 8 siswa, kemudian menganalisis 8 subjek penelitian berdasarkan kategori kemampuan penalaran matematis dan diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi kemampuan penalaran matematis dalam kategori sangat baik dicapai oleh 4 siswa (50%) yang mampu: memperkirakan jawaban dan proses solusi, menyusun pembuktian langsung, serta mampu menarik kesimpulan logis terhadap penyelesaian soal matriks. Selanjutnya, kategori baik hanya dicapai oleh 1 siswa (12,5%) yang mampu: memperkirakan jawaban dan proses solusi namun kurang lengkap, menyusun pembuktian langsung, dan menarik kesimpulan logis dari penyelesaian soal matriks. Kemudian terdapat 3 siswa (37,5%) mencapai kategori cukup mampu: memperkirakan jawaban dan proses solusi namun kurang benar dan kurang lengkap, tidak mampu menyelesaikan pembuktian langsung, dan tidak dapat menarik kesimpulan logis karena penyelesaiannya kurang lengkap. Selanjutnya tidak ada siswa yang berkemampuan penalaran matematis dalam kategori kurang dan sangat kurang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Guru Matematika (JPGM) merupakan jurnal pada bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun. Jurnal ini menyediakan forum publikasi penelitian dalam pembelajaran matematika untuk seluruh jenjang pendidikan. Artikel-artikel yang ...