Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik
Vol 1, No 1 (2021)

Strategi Komunikasi Bisnis Rumah Aqiqah Al-Hafiz Dalam Mempromosikan Hewan Untuk Aqiqah

Pulungan, Muhammad Naufal (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2021

Abstract

Didalam dunia bisnis strategi komunikasi bisnis dan pemasaran sangatlah penting dalam tahap pembentukan kesadaran dan pemahaman konsumen. Dengan demikian suatu perusahaan membutuhkan suatu perencanaan strategi yang tepat agar dapat di terima dengan mudah oleh masyarakat. Strategi yang dilakukan pun dapat beraneka ragam, seperti menawarkan suatu produk yang memiliki kelebihan dari produk lainnya dan memiliki harga yang terjangkau. Dunia bisnis pada saat ini sangatlah banyak, salah satunya adalah usaha menawarkan jasa seperti Rumah Aqiqah Al-Hafiz. Rumah Aqiqah Al-Hafiz merupakan pengusaha peternakan yang bergerak dibidang jasa pelayanan aqiqah dan kurban. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi bisnis dan Pemasaran Rumah Aqiqah AL-Hafiz dalam memasarkan hewan aqiqah di Medan?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi bisnis yang dilakukan rumah Aqiqah Al-Hafiz dalam memasarkan hewan untuk aqiqah menggunakan dua media komunikasi, yakni media cetak dengan cara memasang spanduk dan flayer di sekitaran lokasi rumah Aqiqah Al-Hafiz. Media lainnya yang digunakan adalah akun bisnis media sosial Instagram yang digunakan untuk memasarkan hewan aqiqah. Bentuk komunikasi bisnis yang dilakukan terdiri dari komunikasi yang sifatnya verbal dan non verbal, dimana isi pesan yang sifatnya verbal disampaikan melalui media cetak dan media sosial isinya informasi secara detail mulai dari tata cara pemesanan, kisaran harga dan lain sebagainya. Sedangkan isi pesan yang sifatnya non verbal berupa gambar-gambar yang diposting di media sosial Instagram yang membantu menjelaskan komunikasi bisnis dan informasi yang diberikan kepada masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jimsipol

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. JIMSIPOL adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan ...