Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagimana Peran Sekolah Dasar Luas Biasa Negeri 117709 Dalam Mengembangkan Bakat Anak Disabilitas di Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Metode pendekatan yang dilakukan kepada anak disabilitas atau anak berkebutuhan khusus adalah dengan pendekatan pendekatan perorangan/ perindividu. Dengan begitu mereka merasa mendapat perhatian khusus dari guru, orang tua maupun teman-temannya. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif kualitatif. Narasumber penelitian ini berjumlah 22 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru, psikolog, orang tua murid dan murid (anak disabilitas).adapun indikator yang dilihat dari penelitian ini adalah : sebagai wadah pendidikan formal, sebagai wadah pendidikan keterampilan untuk anak disabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses mengembangkan bakat anak disabilitas yang dilakukan di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 117709 Dalam Mengembangkan Bakat Anak Disabilitas Di Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhan Batu. Secara akademis, penelitian diharapkan dapat terus menerus mengembangkan bakat mereka. Sedangkan secara praktis, penelitian ini dapat memberikan masukan positif bagi guru, orangtua dan pemerintah untuk terus memperhatikan mereka dalam aspek pendidikan maupun aspek pelayanan. Hasil penelitian ini untuk mengetahui kemampuan atau bakat anak disabilitas atau anak berkebutuhan khusus, sampai dimana kemampuan mereka dalam belajar, proses penerimaan pembelajaran, dan bagaimana peran sekolah dalam mengembangkan bakat anak-anak berkebutuhan khusus, tidak lupa juga peran orang tua dalam membimbing anaknya agar menjadi aktif, kreatif dan mandiri.
Copyrights © 2022