Samsat Online Nasional adalah layanan jaringan elektronik untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online pajak kendaraan bermotor. Layanan Samsat Online Nasional ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Samsat Online Nasional merupakan inovasi internal yang dilakukan oleh pihak Kantor Samsat sebagai wujud pelayanan prima kepada masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pelayanan prima adalah pelayanan yang diberikan secara baik atau sebaik mungkin kepada para pelanggan, sehingga pelanggan menjadi merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan samsat online nasional dalam rangka mewujudkan pelayanan prima di kantor samsat Medan Selatan. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan samsat online nasional dalam rangka mewujudkan pelayanan prima di kantor samsat belum berjalan efektif. Hal ini dapat dibuktikan dengan berdasarkan kategorisasi seperti transparansi dalam Samsat Online Nasional sudah bersifat transparan namun belum banyak masyarakat yang mengetahui mengenai Samsat Online Nasional hal ini dikarenakan pihak samsat tidak melakukan sosialisasi kepada masyarakat, UPT Samsat Medan Selatan tidak memiliki strategi khusus dalam membangkitkan partisipasi sehingga partisipasi masyarakat dalam penyelenggaran pelayanan samsat online nasional masih sangat kecil, para pegawai samsat Medan Selatan sudah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan SOP, dalam menunjukan kepeduliannya kepada masyarakat pegawai samsat membantu dan mengarahkan wajib pajak dan tidak ada perbedaan dalam memberikan pelayanan antara masyarakat satu dengan yang lain.
Copyrights © 2023