Penelitian ini bertujuan untuk menyusun desain pengembangan kurikulum Prodi Akuntansi Perpajakan yang sesuai dengan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) di Politeknik Negeri Balikpapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian yaitu, tahap Pendahuluan, tahap perencanaan dan tahap pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi terbatas (Definite). Instrumen peneltian dilakukan dengan menggunakan kuesioer. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan teknik analisis deskriptif, yakni 𑃠= ð‘“/N × 100 % sebagai jenjang kualifikasi kriteria kelayakan untuk menyimpulkan hasil validasi. Berdasarkan hasil penelitian desain kurikulum berbasis Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), pada Program Studi Akuntansi Perpajakan dikembangkan pada penelitian ini layak digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021