JURNAL MANAJEMEN
Vol 13, No 4 (2021): Desember

Inovasi pelayanan publik berbasis website opensid

Amelia Putri (Unknown)
Dadan Kurniansyah (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa, Karawang.)
Evi Priyanti (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa, Karawang.)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Undang – Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi ujung tombak dalam melaksanakan Sistem Informasi Desa. Keberadaan SID dapat memaksimalkan pelayanan publik di Desa. pelayanan publik merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Sejak tahun 2019 Pemerintah Desa Kalibuaya mulai mengembangan SID berbasis OpenSID. Tujuan diadakannya SID berbasis OpenSID adalah untuk mengefektifkan dan mengefisienkan tata kelola Pemerintahan Desa yang semula masih dinilai lamban dengan proses manual. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana elemen suskes pengembangan e – government diterapkan dalam pengelolaan SID berbasis OpenSID di Desa Kalibuaya yang dilihat dari tiga elemen sukses pengembangan e – Government. terdiri dari Support, Capacity dan value. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Secara garis besar, hasil penelitian ini menunjukkan jika Desa Kalibuaya telah memiliki ketiga elemen tersebut dalam mengembangan SID berbasis OpenSID. Hal ini dilihat dari elemen support (political will)  yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Kalibuaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JURNALMANAJEMEN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July). ...