Cukup banyak olahan masakan modern dan restoran cepat saji yang berkembang diIndonesia, walau demikian olahan masakan tradisional masih membuktikan keberadaanya masih diminati oleh masyarakat luas dan mampu bertahan hingga saat ini, salah satunya menu Becek Buwuhan khas Tuban yang terdapat diBalerasa Jogo Istimewa Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam mengambil keputusan pembelian pada Becek Buwuhan Tuban. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis faktor. Data dikumpulkan dengan angket yang disebarkan secara online menggunakan google formulir. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Balerasa Joglo Istimewa yang jumlah populasinya tidak dapat diukur dengan pasti. Sampel penelitian sebanyak 115 orang. Hasil penelitian menunjukan dari ketujuh faktor terbentuklah dua faktor baru yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Becek Buwuhan Tuban. Faktor pertama yaitu faktor produk dan faktor kedua yaitu faktor budaya. Kelompok faktor produk dibentuk dari faktor produk, faktor psikologis, faktor sosial dan faktor resto atmosfer. Kelompok faktor budaya dibentuk dari faktor budaya, faktor harga dan faktor promosi. Kelompok faktor produk menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Becek Buwuhan Tuban dengan nilai varians sebesar 36,314%.
Copyrights © 2021