Aktivitas pariwisata di Indonesia mulai membaik, dimana hal ini tercermin pada kinerja sektor pariwisata yang menunjukkan peningkatan. Salah satu faktor pendorongnya ialah adanya pergeseran preferensi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital. Pengelola sektor wisata perlu beradaptasi dengan situasi tersebut, yakni dengan menggunakan strategi promosi secara online. Salah satu bentuk promosi online yang dimaksud ialah penggunaan electronic word of mouth (e-Wom). Promosi e-Wom diharapkan dapat meningkatkan keputusan wisatawan untuk berkunjung. Berdasarkan ulasan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi-strategi optimalisasi electronic word of mouth (e-Wom) sebagai media promosi destinasi wisata di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur yang dianalisis dengan analisis konten/ isi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat 6 (enam) strategi optimalisasi e-Wom sebagai media promosi destinasi wisata, yaitu: 1) Creating Opinion Strategy; 2) Using Digital Media Strategy; 3) Creating Content Strategy; 4) Opinion Filter Strategy; 5) Tourist Cruise Strategy; 6) Concern to Tourist Experience Strategy.
Copyrights © 2023